Pengaruh Kepercayaan Diri, Minat Belajar, dan Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Materi Teks Negosiasi Kelas X SMAN 10 Samarinda
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri, minat belajar, dan peran orang tua terhadap kemampuan berbicara siswa pada materi teks negosiasi kelas X SMAN 10 Samarinda. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu kepercayaan diri, minat belajar, dan pengaruh orang tua. Untuk variabel dependennya adalah kemampuan berbicara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto. Sampel yang digunakan berjumlah 204 siswa dari populasi siswa kelas X SMAN 10 Samarinda. Sampel dilakukan dengan metode cluster sampling. Data penelitian didapatkan dari angket kepercayaan diri, minat belajar, dan angket peran orang tua, serta tes berbicara pada materi teks negosiasi. Metode statistik menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda, dengan pengujian hipotesis uji statistik f. Hasil penelitian ini menunjukkan kepercayaan diri, minat belajar, dan peran orang tua secara signifikan positif mempengaruhi kemampuan berbicara siswa pada materi teks negosiasi. Kepercayaan diri yang tinggi, minat belajar yang besar, serta peran orang tua yang baik memberikan pengaruh yang positif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada materi teks negosiasi. Di antara variabel kepercayaan diri, minat belajar, dan peran orang tua ditemukan bahwa variabel kepercayaan diri memberikan pengaruh yang paling besar terhadap kemampuan berbicara siswa pada materi teks negosiasi kelas X SMAN 10 Samarinda. Variabel kepercayaan diri memberikan kontribusi yang cukup tinggi dibandingkan variabel lain dalam penelitian ini.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Kepercayaan Diri, Minat Belajar, dan Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Materi Teks Negosiasi Kelas X SMAN 10 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Fitriani Nasir - Personal Name |
No. Panggil | TESIS FIT p 2022 |
Subyek | Minat Belajar Peran Orang Tua kepercayaan diri Berbicara Teks Negosiasi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Bahasa dan Seni |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY