Detail Cantuman Kembali
Agustina Lidya Bulan. L - Personal Name

INOVASI KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI DESA PULAU PINANG KECAMATAN KEMBANG JANGGUT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Agustina Lidya Bulan L Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda. Inovasi Kepala Desa Dalam Meningkatkan Pendidikan di Desa Pulau Pinang Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara. Dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Masjaya M,Si sebagai pembimbing I dan Bapak Budiman S.IP, M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana inovasi kepala desa dalam meningkatkan pendidikan di Desa Pulau Pinang Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara. Dengan menggunakan penelitian kualitatif, serta teknik pengumpulan data melalui wawancara dilaksanakan bersama empat informant, yaitu : (1) Pj Kepala Desa Pulau Pinang, (2) Bendahara Desa Pulau Pinang, (3) Ketua BPD Pulau Pinang dan (4) Pekajar yang menerima bantuan. Dengan menggunakan analisis data kualitatif berdasarkan pendapat Mathew B. Miles dan A. Michael Huberman yang terdiri dari empat komponen (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data (4) kesimpulan-kesimpulan : verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan Inovasi Kepala Desa Dalam Meningkatkan
Pendidikan di Desa Pulau Pinang Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara dapat dilihat dari kendala-kendala yang ada inovasi yang dilakukan pemerintah desa masih menemui kendala yaitu fasilitas yang kurang lengkap, pembayaran biaya listrik, PDAM dan Wifi, beasiswa yang lambat cair. Fasilitas tempat tinggal yang kurang lengkap diberikan serta tidak ada bantuan dari pemerintah desa untuk membayar biaya rutin bulanan misalnya seperti listrik, PDAM dan Wifi sehingga harus membayar sendiri biaya-biaya tersebut dan untuk beasiswa baik dari Desa dan perusahaan pada saat pencairan sering mengalami keterlambatan dan pada proses penerimaannya harus bertemu langsung dengan jarak yang ditempuh cukup memakan waktu sekitar enam sampai delapan jam perjalanan dari Samarinda menuju Tabang.

Kata kunci : Inovasi, Kepala Desa, Pendidikan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul INOVASI KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI DESA PULAU PINANG KECAMATAN KEMBANG JANGGUT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang Agustina Lidya Bulan. L - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AGU i 2023
Subyek Inovasi, Kepala Desa, Pendidikan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Pemerintahan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua