Detail Cantuman Kembali
Adhe Safitri - Personal Name

Perlindungan Hukum Secara Perdata Bagi Jemaah Umrah di Indonesia

Banyaknya jumlah jemaah umrah yang ingin melaksanakan rukun Islam kelima tersebut, membuat biro penyelenggara perjalanan umrah semakin menjamur di Indonesia. Dan hal ini mengakibatkan terjadinya persaingan antara biro perjalanan yang satu dengan biro yang lainnya di mulai dari upaya untuk mengikat perhatian calon jamaah akan tawaran-tawaran yang menggiurkan seperti biaya yang murah sudah bisa mendapatkan fasilitas yang sebaik mungkin. Namun, didalam pelaksanaannya banyak terjadi kegagalan pemberangkatan yang dilakukan oleh penyelenggara perjalanan ibadah umrah.
Dalam penelitian ini, pendekatan masalah yang digunakan ialah pendekatan doktrinal, pendekatan doktrinal yang dimaksud adalah penelitian yang berbasiskan pada ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam pendekatan ini penulis akan mengkonstruksikan atau menggabungkan antara peraturan perundang-undangan dan teori-teori hukum yang relevan termasuk asas-asashukum yang memiliki ketentuan dengan penelitian ini.
Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu bahwa Perlindungan hukum yang dapat diberikan ialah yang bersifat preventif dan represif. Perlindungan preventif ialah sebuah bentuk perlindungan yang mana masyarakat mempunyai kesempatan untuk memberikan keberatan atau menyampaikan masukan ide sebelum keputusan dari pemerintah bersifat definive (sudah pasti). Perlindungan hukum bersifat represif yakni sebuah perlindungan hukum untuk dijadikan cara untuk menyelesaikan sengketa. Perlindungan jemaah umrah menurut Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Perlindungan konsumen secara normatif juga memberikan perlindungan hukum terhadap hak-hak konsumen guna untuk meningkatkan kesadaran dan kenyamanan konsumen.

Kata Kunci :Perlindungan Hukum, Jemaah, Umrah

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Perlindungan Hukum Secara Perdata Bagi Jemaah Umrah di Indonesia
Pengarang Adhe Safitri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ADH p 2022
Subyek perlindungan hukum
Jemaah
Umrah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan Sarjana Hukum
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua