Detail Cantuman Kembali

Penambahan Kombinasi Spirulina dan Tepung Labu Kuning Pada Pakan Terhadap Tingkat Kecerahan Warna dan Pertumbuhan Ikan Koi (Cyprinus carpio)

Ikan koi merupakan salah satu ikan hias yang mempunyai daya tarik pada tampilan keindahan warna, kecerahan warna serta bentuk tubuhnya. Karotenoid adalah komponen alami utama pembentuk pigmen warna yang memberikan pengaruh cukup baik pada warna merah dan oranye pada ikan koi (Cyprinus carpio). Sumber karotenoid dapat bersumber dari spirulina dan tepung labu kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kombinasi spirulina dan tepung labu kuning pada pakan terhadap tingkat kecerahan warna dan pertumbuhan ikan koi. Rancangan penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan empat perlakuan dan tiga ulangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengaplikasikan kombinasi spirulina dan tepung labu kuning pada pakan buatan dengan dosis berbeda yaitu P1 (0%), P2 (spirulina 5% dan labu kuning 35%), P3 (spirulina 10% dan labu kuning 30%) dan P4 (spirulina 15% dan labu kuning 25%) per berat pakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan kombinasi spirulina dan tepung labu kuning pada pakan buatan berpengaruh nyata terhadap kualitas warna, pertumbuhan panjang total dan pertumbuhan berat mutlak (P0,05). Perubahan level warna, perubahan dimensi warna merah dan perubahan kecerahan warna L*a*b* tertinggi terdapat pada P3 dengan dosis spirulina 10% dan labu kuning 30% per berat pakan. Pertumbuhan panjang total, pertumbuhan berat mutlak dan laju pertumbuhan spesifik tertinggi terdapat pada P4 dengan dosis spirulina 15% dan labu kuning 25% per berat pakan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Penambahan Kombinasi Spirulina dan Tepung Labu Kuning Pada Pakan Terhadap Tingkat Kecerahan Warna dan Pertumbuhan Ikan Koi (Cyprinus carpio)
Pengarang Diajeng Andhini Trizulhaifah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DIA p 2023
Subyek Ikan Koi, Spirulina, Labu Kuning, Warna, Pertumbuh
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit
Jurusan Akuakultur
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua