Detail Cantuman Kembali
Baita Rahmawaty - Personal Name

Analisis Penerapan Just In Time (JIT) Untuk Efisiensi Biaya Persediaan Bahan Baku (Studi Pada Home Industry Tahu Bapak Waras di Kecamatan Loa Janan Ulu Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2021-2022)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Just In Time dalam efisiensi biaya persediaan bahan baku pada home industry tahu Bapak Waras. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah penerapan Just In Time yaitu perencanaan bahan baku, biaya pembelian bahan baku, biaya pemesanan bahan baku dan biaya penyimpanan bahan baku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelian bahan baku yang diterapkan oleh perusahaan dinilai belum efisien, karena kebijakan dari perusahaan mengakibatkan pengeluaran biaya yang lebih besar yaitu Rp980.153.964,- sedangkan dengan menerapkan metode Just In Time perusahaan mengeluarkan biaya sebesar Rp866.032.443,-. Dengan menerapkan metode JIT perusahaan dapat menghemat biaya pembelian dan biaya pemesanan bahan baku sebesar Rp114.121.521,-. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan efisiensi biaya persediaan bahan baku maka sebaiknya perusahaan menggunakan metode Just In Time.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Penerapan Just In Time (JIT) Untuk Efisiensi Biaya Persediaan Bahan Baku (Studi Pada Home Industry Tahu Bapak Waras di Kecamatan Loa Janan Ulu Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2021-2022)
Pengarang Baita Rahmawaty - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI BAI a 2022
Subyek Just In Time (JIT)
Biaya pembelian
Biaya persediaan bahan baku
efisiensi biaya
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua