Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI MIA di SMAN 16 Samarinda
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar siswa kelas XI MIA di SMAN 16 Samarinda yang kurang. Hal ini terlihat ketika pembelajaran siswa memiliki minat baca yang rendah. Selain itu, ketika pembelajaran siswa masih sibuk sendiri dengan smartphone atau gadget-nya ketika pembelajaran berlangsung. Sehingga perlu adanya penggunaan media yang tepat untuk menarik minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap minat belajar siswa Kelas XI MIA di SMA Negeri 16 Samarinda.Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan kelas eksperimen yaitu XI MIA 1 dan kelas kontrol XI MIA 2. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample t Test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data pada uji Independent Sample t Test menunjukkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,001, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap minat belajar siswa Kelas XI MIA di SMAN 16 Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI MIA di SMAN 16 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Dirga Satriansyah Amin - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DIR p 2022 |
Subyek | Minat Belajar Multimedia pembelajaran interaktif Articulate Storyline |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN BIOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY