Detail Cantuman Kembali
Tiara Pebrianti - Personal Name

Penggunaan Saluran Komunikasi (Internet) Dalam Penyediaan Informasi Pertanian di BPP Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara

Tiara Pebrianti. Penggunaan Saluran Komunikasi (Internet) Dalam Penyediaan Informasi Pertanian Di Bpp Sepaku Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2022 (Bimbingan Syarifah Maryam Dan Eko Harri Yulianto).
Dalam era globalisasi yang semakin menguat, penguasaan terhadap Teknologi Komunikasi dan Informasi merupakan keharusan yang tak lagi bisa ditawar. Teknologi juga memegang peranan penting dalam pengembangan pertanian. Salah satu contoh Teknologi Informasi Komunikasi yaitu internet. Internet menyajikan dunia secara tanpa batas. Lewat sarana inilah diharapkan dapat digunakan untuk mencari segala informasi yang dibutuhkan dan dapat pula digunakan oleh masyarakat desa untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penggunaan saluran komunikasi (internet) oleh penyuluh pertanian, mengetahui bagaimana penyediaan informasi pertanian dan hubungan antara penggunaan saluran komunikasi (internet) dengan penyediaan informasi pertanian oleh penyuluh di BPP Sepaku Kecamatan Sepaku. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh atau sensus dengan jumlah responden 11 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.
Metode pengambilan data dilakukan secara observasi dan wawancara langsung dengan responden. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan penyuluh dalam penggunaan saluran komunikasi (internet) berada pada kategori tinggi dan penyediaan informasi pertanian dalam kategori sangat bermanfaat. Hubungan antara penggunaan saluran komunikasi (internet) dengan penyediaan informasi pertanian menunjukkan hubungan cukup berarti atau sedang dengan nilai Korelasi Pearson (r) sebesar 0,669.
Kesimpulan penelitian ini adalah penyuluh pertanian dalam penggunaan saluran komunikasi (internet) berada dikategori tinggi dan penyediaan informasi pertanian dalam kategori sangat bermanfaat, sehingga disarankan untuk lebih meningkatkan lagi dalam penggunaan media internet dan penyediaan informasi pertanian agar lebih optimal dalam penerapannya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Penggunaan Saluran Komunikasi (Internet) Dalam Penyediaan Informasi Pertanian di BPP Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara
Pengarang Tiara Pebrianti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TIR p 2022
Subyek Media Internet, Informasi Pertanian, Penyuluh.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua