Detail Cantuman Kembali
Nur Madia - Personal Name

PENENTUAN KELAYAKAN MASYARAKAT MISKIN PENERIMA BANTUAN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES (STUDI KASUS KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA)

Kasus kemiskinan di Indonesia hingga saat ini masih belum terselesaikan, Pemerintah terus berusaha memberikan yang terbaik agar permasalahan tersebut setidaknya dapat berkurang di Indonesia. Salah satu bentuk kepedulian pemerintah adalah dengan mendirikan program bantuan yang diberikan kepada masyarakat miskin. Kemiskinan adalah ketidakmampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Penelitian ini telah melakukan klasifikasi berdasarkan data masyarakat Penajam Paser Utara (PPU) yang didapatkan dari hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana metode Naive Bayes dalam menentukan kelayakan masyarakat miskin penerima bantuan. Variabel yang digunakan mencakup 5 kriteria yaitu makanan, perumahan, kepemilikan barang, sumber pembiayaan, dan banyaknya ART dengan atribut kelas yang digunakan yaitu layak dan tidak layak. Proses pembagian data penelitian ini menggunakan dua teknik pembagian yaitu percentage split dengan tiga scenario dan cross validation dengan tiga scenario. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dihasilkan sistem penentuan masyarakat miskin penerima bantuan, dimana dari hasil pengujian didapatkan accuracy tertinggi pada scenario ketiga percentage split yaitu 60% atau 328 data latih dan 40% atau 218 data uji, yang mana accuracy yang didapatkan sebesar 77,98%. .

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENENTUAN KELAYAKAN MASYARAKAT MISKIN PENERIMA BANTUAN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES (STUDI KASUS KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA)
Pengarang Nur Madia - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR p 2022
Subyek Klasifikasi, Masyarakat Miskin,
Data Mining, Naïve Bayes
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua