PERANAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PENGAJAR DALAM INTERAKSI SOSIAL ANAK PENYANDANG AUTIS DI PELITA BUNDA EDUCATION CENTER KOTA SAMARINDA
Anak penyandang autis memilki gangguan yang kompleks yang melibatkan komuikasi, aktivitas dalam berimajinasi, dan interkasi sosial. anak penyandang autis dicirikan mengalami kesulitan berbicara sehingga komunikasi tidak tersampaikan dan diterima dengan baik sehingga komunikasi lebih sulit untuk dilakukan. Komunikasi antarpribadi adalah metode komunikasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan anak penyandang autis. Penggunaan komunikasi antarpribadi dianggap lebih berhasil untuk merubah sikap, kepercayaan, opini dan perilaku komunikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan mengetahui peranan komunikasi antarpribadi pengajar dalam interaksi sosial anak penyandang autis di Pelita Bunda Education Center Kota Samarinda. Penelitian ini mengambil sumber data dengan menggunakan purposive sampling, dalam penelitian ini peneliti mengetahui peranan komunikasi antarpribadi pengajar dalam interkasi sosial anak penyandang autis di Pelita Bunda Education Center menggunakan lima ciri dasar komunikasi antarpribadi oleh Josep Devito yang didalamnya terdapat Keterbukaan, Empati, Sikap Positif, Dukungan, dan Kesetaraan. Keterbukaan, dilihat dari kemauan anak penyandang autis dalam menyampaikan sebuah pesan secara terbuka dan jujur kepada pengajar. Empati, dilihat dari ketanggapan pengajar dalam membaca mimik dan gerak-gerik anak autis yang didampinginya. Sikap positif, dilihat dari kesediaan pengajar membantu dan menanggapi anak penyandang autis. Dukungan, dilihat dari kemampuan pengajar mendukung serta memotivasi anak penyandang autis agar tujuan bersama tercapai. Kesetaraan, dilihat dari terjalinnya komunikasi antar pengajar dan murid dengan tidak membedakan satu dengan yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajar telah menerapkan keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif dan kesetaraan dalam interaksi sosial anak penyandang autis yang dimana hal tersebut sesuai dengan teori 5 ciri dasar komunikasi antarpribadi oleh Joseph Devito yang peneliti gunakan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERANAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PENGAJAR DALAM INTERAKSI SOSIAL ANAK PENYANDANG AUTIS DI PELITA BUNDA EDUCATION CENTER KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Purba, Karina Damaiyanti - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI PUR p 2022 |
Subyek | : anak penyandang autis, komunikasi antarpribadi, lima ciri dasar komunikasi antarpribadi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY