Detail Cantuman Kembali
Purba, Karina Damaiyanti - Personal Name

PERANAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PENGAJAR DALAM INTERAKSI SOSIAL ANAK PENYANDANG AUTIS DI PELITA BUNDA EDUCATION CENTER KOTA SAMARINDA

Anak penyandang autis memilki gangguan yang kompleks yang melibatkan komuikasi, aktivitas dalam berimajinasi, dan interkasi sosial. anak penyandang autis dicirikan mengalami kesulitan berbicara sehingga komunikasi tidak tersampaikan dan diterima dengan baik sehingga komunikasi lebih sulit untuk dilakukan. Komunikasi antarpribadi adalah metode komunikasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan anak penyandang autis. Penggunaan komunikasi antarpribadi dianggap lebih berhasil untuk merubah sikap, kepercayaan, opini dan perilaku komunikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan mengetahui peranan komunikasi antarpribadi pengajar dalam interaksi sosial anak penyandang autis di Pelita Bunda Education Center Kota Samarinda. Penelitian ini mengambil sumber data dengan menggunakan purposive sampling, dalam penelitian ini peneliti mengetahui peranan komunikasi antarpribadi pengajar dalam interkasi sosial anak penyandang autis di Pelita Bunda Education Center menggunakan lima ciri dasar komunikasi antarpribadi oleh Josep Devito yang didalamnya terdapat Keterbukaan, Empati, Sikap Positif, Dukungan, dan Kesetaraan. Keterbukaan, dilihat dari kemauan anak penyandang autis dalam menyampaikan sebuah pesan secara terbuka dan jujur kepada pengajar. Empati, dilihat dari ketanggapan pengajar dalam membaca mimik dan gerak-gerik anak autis yang didampinginya. Sikap positif, dilihat dari kesediaan pengajar membantu dan menanggapi anak penyandang autis. Dukungan, dilihat dari kemampuan pengajar mendukung serta memotivasi anak penyandang autis agar tujuan bersama tercapai. Kesetaraan, dilihat dari terjalinnya komunikasi antar pengajar dan murid dengan tidak membedakan satu dengan yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajar telah menerapkan keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif dan kesetaraan dalam interaksi sosial anak penyandang autis yang dimana hal tersebut sesuai dengan teori 5 ciri dasar komunikasi antarpribadi oleh Joseph Devito yang peneliti gunakan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERANAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PENGAJAR DALAM INTERAKSI SOSIAL ANAK PENYANDANG AUTIS DI PELITA BUNDA EDUCATION CENTER KOTA SAMARINDA
Pengarang Purba, Karina Damaiyanti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI PUR p 2022
Subyek : anak penyandang autis, komunikasi antarpribadi,
lima ciri dasar komunikasi antarpribadi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua