Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 17 Samarinda
Perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan mengalami peningkatan yang signifikan, terlihat dari penggunaan berbagai macam media pembelajaran untuk membantu siswa menyerap dan memahami materi yang diajarkan. Seiring berjalannya waktu perlu dilakukan inovasi pada media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbentuk video animasi, mengetahui kelayakan media, dan respon siswa. Metode penelitian pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebarluasan). Pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada 71 responden yaitu siswa kelas X IPS SMA Negeri 17 Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi ahli materi sebesar 83,75%, uji validasi ahli media sebesar 86,15%, uji coba kelompok kecil sebesar 86%,dan uji coba kelompok sebesar 87,6%. Secara keseluruhan media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 17 Samarinda dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 17 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Shafira Melinda Rachmad - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SHA p 2022 |
Subyek | Media Pembelajaran, Video Animasi, Research and De |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY