PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 12 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2020/2021
Ariati, Jannah. 2022. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 12 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Pembimbing (I) Drs. H. Asyril, M.Si, dan (II) Drs. JR. Watulingas, MM.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan belajar pada masa pandemic covid-19 terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 12 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini kecerdasan emosional (X1) dan lingkungan belajar pada masa pandemic covid-19 (X2) berlaku sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika (Y) sebagai varibel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 12 Samarinda yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 207 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 6 kelas yang terdiri dari 163 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari angket dan tes.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diketahui bahwa skor rata-rata dari kecerdasan emosional sebesar 70,092; lingkungan belajar pada masa pandemi covid-19 sebesar 71,039; dan hasil belajar matematika sebesar 54,536 yang ketiganya masuk dalam kategori sedang. Hasil analisis inferensial yang menggunakan regresi linier ganda diperoleh persamaan regresi dugaan, yaitu Ŷ dengan nilai Fhitung adalah 45,463 dan nilai probabilitas (Sig. F) adalah 0,000 dengan = 0,050. Karena sig. F < maka persamaan regresi dugaan yang diperoleh adalah berarti. Nilai = 0,362 menunjukkan kontribusi kecerdasan emosional dan lingkungan belajar pada masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar matematika sebesar 36,2%. Untuk variabel kecerdasan emosional diperoleh nilai probabilitas (Sig. t) adalah 0,000 dengan = 0,050 sehingga sig. t < , artinya terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika. Sedangkan, untuk variabel lingkungan belajar pada masa pandemi covid-19 diperoleh nilai probabilitas (Sig.t) adalah 0,002 dengan = 0,050 sehingga nilai sig. t < , artinya terdapat pengaruh lingkungan belajar pada masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar matematika.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan belajar pada masa pandemi covid-19 secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar matematika siswakelas X SMK Negeri 12 Samarinda tahun ajaran 2020/2021.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 12 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Jannah Ariati - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI JAN p 2022 |
Subyek | Hasil Belajar Matematika Kecerdasan Emosional, Lingkungan Belajar Covid-19, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY