Detail Cantuman Kembali
APRILYANI - Personal Name

INTERPRETASI KHALAYAK TERHADAP GAYA HIDUP DIGITAL DI SAMARINDA (Studi pada Pengguna Dompet Digital OVO di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis serta mengetahui pemahaman dan interpretasi khalayak terhadap gaya hidup digital atau elifestyle pada penggunaan layanan aplikasi OVO di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini menggunakan menggunakan teori Difusi Inovasi yang memiliki indikator melalui karakteristik inovasi menurut Everett M. Rogers (1983) yaitu keuntungan relatif (relative advantages), kesesuaian (compability), kerumitan (complexity), kemungkinan untuk dicoba (trialability), dan mudah diamati (observability). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman dan pemaknaan gaya hidup digital pada penggunaan aplikasi OVO di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman yakni sebagai perilaku kekinian, kebutuhan hidup dan gaya hidup konsumtif dalam menerima sebuah inovasi aplikasi dompet digital OVO sebagai gaya hidup digitalnya. Pemaknaan gaya hidup digital pada penggunaan aplikasi OVO di kalangan mahasiwa Ilmu Komunikasi 2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik adalah gaya hidup masa kini untuk pemenuhan kebutuhan sehari – hari dalam sebuah inovasi. Informan secara sadar memiliki perilaku yang kekinian pada era digital saat ini sehingga penggunaan aplikasi OVO dapat memenuhi kebutuhnnya yang konsumtif.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul INTERPRETASI KHALAYAK TERHADAP GAYA HIDUP DIGITAL DI SAMARINDA (Studi pada Pengguna Dompet Digital OVO di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman)
Pengarang APRILYANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI APR i 2022
Subyek Pengguna Aplikasi OVO
Gaya Hidup Digital
Difusi Inovasi
Karakteristik Inovasi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua