Detail Cantuman Kembali
Irvan Mulyadi - Personal Name

Analisis Pendapatan Usaha Tani Kelapa Sawit Kelompok Tani Maju Jaya Di Desa Mandu Pantai Sejahtera Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur

IRVAN MULYADI. Analisis Pendapatan Usaha Tani Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) Kelompok Tani Maju Jaya Di Desa Mandu Pantai Sejahtera Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2022. (dibawah bimbingan Ndan Imang dan Tetty Wijayanti).
Dari potensi meningkatnya perkebunan kelapa sawit saat ini, para petani pun berharap untuk memiliki pendapatan yang cukup besar dari usaha tani kelapa sawit ini. Namun, terkadang fakta di lapangan tidak berjalan sesuai dengan teori yang ada sehingga petani pun mendapatkan pendapatan yang tidak sesuai harapan bahkan tidak menutup biaya produksi. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya faktor alam, harga pasar, dan biaya produksi yang tidak terduga.Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Pendapatan Usaha Tani Kelapa Sawit di Kelompok Tani Maju Jaya.
Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Mei sampai Juli 2022. Lokasi penelitian adalah di Desa Mandu Pantai Sejahtera Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur. Data yang diambil adalah data primer yang didapat dari wawancara kepada petani dan data skunder yang diperoleh dari kantor desa, laporan penyuluh dan internet. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah berjumlah 19 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anggota kelompok tani. Analisis yang digunakan adalah data kuantitatif dengan menghitung pendapatan petani.
Dari pengolahan data yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian bahwa jumlah rata-rata biaya yang dikeluarkan adalah sebesar Rp. 26.704.905,-/ha/tahun yang didapat dari seluruh biaya produksi seperti biaya tenaga kerja, biaya pembelian pupuk dan pestisida, biaya penyusutan alat dan biaya pengangkutan. Sedangkan jumlah rata-rata penerimaan petani adalah Rp. 77.884.502,-/ha/tahun yang didapat dari hasil produksi yang dikalikan harga jual. Dengan demikian jumlah rata-rata pendapatan yang diperoleh petani adalah sebesar Rp.51.179.597,- /ha/tahun.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa jumlah total pendapatan yang diperoleh petani di Kelompok Tani Maju Jaya adalah sebesar Rp.51.179.597,-/ha/tahun. Dapat dilihat jika penerimaan yang dihasilkan bisa menutupi biaya produksi yang dikeluarkan, bahkan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Pendapatan Usaha Tani Kelapa Sawit Kelompok Tani Maju Jaya Di Desa Mandu Pantai Sejahtera Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur
Pengarang Irvan Mulyadi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IRV a 2022
Subyek Kelapa Sawit, Pendapatan, Usahatani
, Sangkulirang, Maju Jaya
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua