Detail Cantuman Kembali
SITI FATIMAH - Personal Name

Aktivitas Antioksidan Metode Frap (Ferric Reducing Antioxidant Power) Dan Profil Asam Lemak Pada Produk Enkapsulan Oximata®

Enkapsulan Oximata® merupakan produk turunan emulsi Oximata® yang berbahan dasar minyak sawit merah, labu kuning dan madu, yang dirancang untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai sumber vitamin serta mengandung senyawa Vitamin a, Karotenoid, Vitamin E, Vitamin C dan provitamin A. Untuk mempertahankan senyawa komponen bioaktif yang terdapat dalam sampel Oximata® digunakan teknik enkapsulasi dengan metode spray drying.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas antioksidan dan profil asam lemak pada produk enkapsulan Oximata® . Metode pada penelitian ini melalui proses pembuatan sampel enkapsulan, uji aktivitas antioksidan dengan metode FRAP (Ferric Reducing Antioxidant Power), dan digunakan larutan standar senyawa sintetik BHT, α-tokoferol dan β-karoten sebagai pembanding dan dilakukan analisa profil asam lemak dengan GC-MS (Gas Chromatography Mass Spectroscopy).
Hasil penelitian menunjukkan sampel memiliki aktivitas antioksidan yang hampir sama dengan antioksidan sintetik BHT dengan nilai enkapsulan Oximata® bebasis karotenoid sebesar 116,7±4,82 µmol, enkapsulan bebasis β-karoten 220,9±3,68 µmol, enkapsulan berbasis α-tokoferol 207,9±2,49 µmol dan memiliki kandungan profil asam lemak yang paling dominan yaitu Saturated Fatty Acid (Hexanoate, M Octanoate, M Decanoate dan M Laurat), Monounsaturated Fatty Acid (M Palmitoleate), dan Pollyunsatuates Fatty Acid (Gamma-Linolenic Acid (GLA) Methyl Ester, M Linolelaidate dan M Linoleate).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Aktivitas Antioksidan Metode Frap (Ferric Reducing Antioxidant Power) Dan Profil Asam Lemak Pada Produk Enkapsulan Oximata®
Pengarang SITI FATIMAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIT a 2022
Subyek oximata®, antioksidan, profil asam lemak
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua