Analisis Kualitas Layanan Video call Aplikasi Zoom Pada Jaringan 4G LTE
Banyaknya kebutuhan akan akses dan komunikasi menuntut kinerja jaringan harus pada kondisi baik. Berbagai layanan tersedia menunjang komunikasi untuk kebutuhan konsumen yang terkendala oleh jarak seperti contohnya video call yang memungkinkan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi. Zoom Cloud Meeting menjadi salah satu pilihan dalam penggunaan layanan video call. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performansi quality of service (QoS) pada layanan video call menggunakan aplikasi Zoom dalam jaringan 4G LTE serta mengetahui nilai parameter throughput, delay, packet loss, dan jitter. Quality of service merupakan sekumpulan teknik dan mekanisme yang menjamin performansi dari jaringan internet di dalam penyediaan layanan kepada aplikasi – aplikasi di dalam jaringan komputer. Untuk mendapatkan data, dilakukan panggilan video menggunakan Zoom yang mana selama panggilan berlangsung akan dilakukan capturing packet menggunakan Wireshark. Dari hasil penelitian nilai throughput terbaik ada pada hari ke 3 di pagi hari yaitu 1.031 kbps. Sedangkan nilai throughput terendah ada pada hari ke 1 di siang hari yaitu 386 kbps. Nilai packet loss keseluruhan berada pada indeks 4 dengan kategori memuaskan. Diperoleh nilai yang cenderung sama yaitu 0,0 % kecuali hari ke 2 di siang hari yaitu 0,1%. Nilai delay terbaik ada pada hari ke 3 di siang hari yaitu 3,991 ms. Sedangkan nilai delay terbesar ada pada hari ke 1 di pagi hari yaitu 9,129 ms. Nilai jitter terbaik ada pada hari ke 3 di siang hari yaitu 3,990 ms, sedangkan nilai jitter terbesar ada pada hari ke 1 di pagi hari yaitu 9,126 ms. Dari tabel rekapitulasi yang telah disajikan sebelumnya diketahui nilai rata – rata indeks yaitu 3,25 untuk hari ke 1 dan ke 2 sedangkan rata – rata indeks hari ke 3 adalah 3,50. Berdasarkan standar TIPHON, nilai QoS keseluruhan berada pada kategori bagus yang berarti memungkinkan untuk melakukan video call pada jaringan 4G LTE di lokasi pengujian baik waktu pagi maupun siang hari.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Kualitas Layanan Video call Aplikasi Zoom Pada Jaringan 4G LTE |
---|---|
Pengarang | NOOR SEHAN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NOO a 2023 |
Subyek | Video Call, Zoom Cloud Meeting, Quality Of Service Throughput, Delay, Packet Loss, Jitter Capturing Packet, Wireshark, TIPHON, 4G LTE |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | INFORMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY