EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TANJUNG HARAPAN TAHUN AJARAN 2021/2022
Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa kelas XI IPS yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar dan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik, serta untuk mengetahui efektivitas layanan yang akan diberikan kepada siswa. Jenis penelitian kuantitatif experiment dengan desain preexsperimen one- group pretest-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas XI IPS dengan jumlah 27 siswa dan sampel terdiri 6 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu kriteria tingkat motivasi, deskriptif persentase dan uji T (paired sampel ttest) dengan bantuan Microsoft excel dan SPSS versi 23. Hasil penelitian sebelum diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik modeling simbolik jumlah skor rata-rata persentase 61%, setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik modeling simbolik meningkat dengan jumlah skor rata-rata persentase 89%. Hasil output test statistic terdapat perbedaan signifikan pada hasil pre- test dan post-test. Melalui uji pairent test (Uji T) menunjukkan bahwa sig=0,001
Ketersediaan
Detail Information
Judul | EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TANJUNG HARAPAN TAHUN AJARAN 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | BASRIANA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI BAS e 2022 |
Subyek | Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling Simbolik,Motivasi Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | BIMBINGAN DAN KONSELING |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY