Detail Cantuman Kembali
Ahmad Efendi - Personal Name

Analisis Makna Tuturan Rocky Gerung Pada Youtube Rocky Gerung Official Kajian Semiotika Roland Barthes

Abstrak
Efendi, Ahmad. 2022. Analisis Makna Tuturan Rocky Gerung dalam Youtube Rocky Gerung Official Kajian Semiotika Roland Barthes. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Irma Surayya Hanum, S.S., M.Pd. ; Pembimbing II: Ian Wahyuni, S.S., M.Hum.

Kata Kunci: makna tuturan, Rocky Gerung, semiotika

Penelitian ini menganalisis makna tuturan Rocky Gerung dalam Youtube Rocky Gerung Official Kajian Semiotika Roland Barthes. Penelitian ini di latar belakangi oleh kasus pemukulan yang terjadi kepada Ade Armando saat demo 11 april 2022. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana struktur dan makna dari tuturan Rocky Gerung dalam Youtube Rocky Gerung Official. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat struktur dan makna dari tuturan Rocky gerung sehingga dapat menemukan alasan mengapa kasus pemukulan terhadap Ade Armando dapat terjadi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian studi pustaka dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah berupa tuturan yang bersumber dari Rocky Gerung dalam youtube Rocky Gerung Official. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengamatan dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya data dianalisis menggunakan semiotika Rolang Barthes.
Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu terdapat makna denotasi dan makna konotasi pada tuturan Rocky Gerung di dalam Youtube Rocky Gerung Official. Kemudian dari analisis makna tuturan Rocky Gerung itu tadi ditemukan Motif berupa sosial teks yang menjadi alasan mengapa kasus pemukulan terhadap
Ade Armando dapat terjadi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Makna Tuturan Rocky Gerung Pada Youtube Rocky Gerung Official Kajian Semiotika Roland Barthes
Pengarang Ahmad Efendi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AHM a 2022
Subyek makna tuturan, Rocky Gerung, Semiotika
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua