Pengaruh Model Cooperative Integrited Reading and Composition (CIRC) Pada Materi Pecahan Terhadap Hasilo Belajar Siswa Kelas IV SDN 008 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik kelas IV SD Negeri 008 Sungai Kunjang dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi pecahan. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model dalam kegiatan pembelajaran yang belum berorientasi agar dapat siswa lebih aktif dalam proses belajar. Salah satu model yang dapat digunakan utuk meningkatkan keaktifan siswa adalah model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Sehingga, tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada Materi Pecahan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 008 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 008 Sungai Kunjang. Pada penelitian ini terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah sampel seluruhnya sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tes dan dokumentasi. Sehingga, instrumen penelitiannya terdiri dari lembar pretest dan posttest, serta pedoman dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney karena hasil penelitian yang didapatkan tidak berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil penelitian dari pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney, menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. (2 tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 40 sebesar 0,000. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji Mann-Whitney, jika nilai Asymp.Sig. (2 tailed) ≤ 0,05 maka H
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Model Cooperative Integrited Reading and Composition (CIRC) Pada Materi Pecahan Terhadap Hasilo Belajar Siswa Kelas IV SDN 008 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Yoga Fadzilah Ghaffar - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YOG p 2022 |
Subyek | Model CIRC, Hasil Belajar Matematika, Pecahan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY