Detail Cantuman Kembali
Muhammad Arifa Azmal - Personal Name

Pemanfaatan Media Internet sebagai Media Informasi dan Media Komunikasi dalam Pemberdayaan Petani di Kelurahan Tani Aman Kota Samarinda (Studi Kasus di Kelompok Tani Kalan Luas Permai)

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan komponen terbesar yang mencakup hal teknis mengenai penyaluran dan pemanfaatan media online dalam hal akses informasi termasuk dalam dunia pertanian. Teknologi informasi dan Komunikasi juga merupakan suatu bidang ilmu pengetahuan yang perkembangannya semakin pesat dari tahun ke tahun yang mencakup beberapa sistem komputer. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemanfaatan media internet sebagai media informasi dan komunikasi dalam pemberdayaan petani. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2021 hingga Januari 2022. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampling jenuh atau sensus dengan menggunakan semua anggota Kelompok Tani Kalan Luas Permai yaitu sebanyak 37 orang. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan media internet sebagai media informasi dan komunikasi dalam pemberdayaan petani yaitu analisis deskriptif dengan tahap pertama melakukan pemeriksaan data yang dilakukan setelah melakukan wawancara. Tahap selanjutnya yaitu pengolahan data, dalam tahap ini data yang terkumpul diolah kemudian ditabulasi dan dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan media internet sebagai media informasi di Kelompok Tani Kalan Luas Permai Kelurahan Tani Aman Kota Samarinda tergolong sedang dengan skor 24,84. Sedangkan tingkat pemanfaatan media internet sebagai media komunikasi tergolong sedang pula dengan skor 26,49. Sehingga dapat diketahui berdasarkan hasil peneitian pemanfaatan media internet sebagai media informasi dan komunikasi dalam pemberdayaan petani di Kelompok Tani Kalan Luas Permai tergolong kategori sedang dengan skor keseluruhan kuisioner yang mencapai 51,33. Berdasarkan hasil penelitian diatas, disarankan kepada petani untuk meningkatkan kesadaran dan minat dalam mempelajari dan mengaplikasikan media internet dalam menunjang usahataninya. Bagi penyuluh, disarankan agar lebih memfasilitasi petani dengan pengenalan, bimbingan serta pelatihan mengenai media internet terutama dari segi manfaatnya dalam usahatani.
Kata Kunci : Media Internet, Media Informasi dan Komunikasi, Pemberdayaan Petani, Kalan Luas Permai.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pemanfaatan Media Internet sebagai Media Informasi dan Media Komunikasi dalam Pemberdayaan Petani di Kelurahan Tani Aman Kota Samarinda (Studi Kasus di Kelompok Tani Kalan Luas Permai)
Pengarang Muhammad Arifa Azmal - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2022
Subyek Media Internet, Pemberdayaan Petani
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua