IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGARI 22 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2021/2022
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Samarinda dan objek penelitian ini adalah kesulitan belajar siswa pada materi SPLDV. Data penelitian dikumpulkan dari hasil tes tertulis sebanyak 4 butir soal dan wawancara kepada siswa yang mengalami kesulitan pada saat mengerjakan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi dengan mewawancarai guru matematika yang mengajar di kelas VIII dan membandingkan dengan kesulitan yang dilakukan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal materi sistem persamaan linear dua variabel siswa mengalami beberapa jenis kesulitan,antara lain: (1) Grafis Dyscalculia atau kesulitan menulis simbol matematika sebanyak 24 siswa, dan kesulitan sering dijumpai pada soal yang berbentuk pecahan, (2) Ideognostic dyscalculia atau kesulitan untuk memahami ide-ide yang berhubungan dengan matematika sebanyak 51 siswa, dan kesulitan sering dijumpai pada soal metode grafik,(3)Operasional dyscalculia atau kesulitan melakukan operasi matematika sebanyak 16 siswa, dan kesulitan sering dijumpai pada soal berbentuk cerita. Setelah dilakukan wawancara kepada siswa terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa, antara lain: (1) siswa kurang menguasai materi SPLDV dikarenakan pembelajaran dilakukan secara online, (2) siswa merasa kesulitan dengan adanya pembelajaran online, (3) Siswa kurang teliti dalam membaca soal dan terburu-buru saat mengerjakan soal. Jenis kesulitan terbanyak yang dilakukan siswa yaitu Ideognostic dyscalculia.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGARI 22 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | FENTIA JULIANURASMARA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FEN i 2022 |
Subyek | Kesulitan Belajar, Identifikasi, Persamaan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY