Detail Cantuman Kembali
NABILA NOOR ALIFA BASUKI - Personal Name

ANALISIS KONTEN VIDEO, KONTEKS MATERI, KONTEKS SOAL DAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA PLATFRO YOUTUBE

Basuki, Nabila Noor Alifa. 2022. Analisis Konten Video, Konteks Materi, Konteks Soal dan Media Pembelajaran Pada Video Pembelajaran Matematika Platfrom Youtube. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan MIPA. FKIP. Universitas Mulawarman. Pembimbing (1) Dr. H. Haeruddin, M.Si dan (2) Dr. sc. ed. Safrudiannur, M.Pd.
Penelitian inibertujuan untuk mengetahui konten video dalam video, konteks materi yang diberikan didalam video, konteks soal yang diberikan didalam video dan media pembelajaran yang digunakan pada video pembelajaran matematika platfrom youtube.
Subjek penelitian ini adalah 8 video pembelajaran matematikaplatfrom youtube yang memenuhi 5 kriteria yang telah ditentukan, yaitu (1) Kata kunci “Persamaan Kuadrat Kelas 9”, (2)Video yang diunggah pada tahun 2021, (3)Video pembelajaran matematika tanpa siswa, (4)Video dengan durasi lebih dari 10 menit dan (5) Video yang ditayangkan lebih dari 1.000 penayangan.Objek penelitian ini adalah konten video, konteks materi, konteks soal dan media pembelajaran.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data adalah lembar analisis video pembelajaran matematika dengan pengkodean yang diadaptasi dari pengkodean sistem TIMS Videotape Classroom Study 1999.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh bahwa dari 8 video pembelajaran matematika adalah (1) konten tersebut dibagi menjadi bagian pendahuluan, isi dan penutup dimana pendahuluan berisi ucapan salam, motivasi dan tujuan pembelajaran, kemudian bagian isi diisi untuk menjelaskan topik utama, pernyataan kesimpulan dan penutup diisi dengan salam penutup. Isi konten video didominasi oleh sesi penjelasan topik utama;(2) selama penjelasan materi secara konteks berisisesi apersepsi dan konsep/teori/fakta. Didominasi oleh sesi konsep/teori/fakta;(3) soal yang diberikan dalam video secara konteks kebanyakan dituliskan dalam bentuk kata-kata selain bahasa matematika tetapi tidak berbentuk cerita, kemudian metode penyelesaian yang dijelaskan hanya satu metode dan setiap soal memiliki satu jawaban;(4) media pembelajaran yang digunakan 8 video tersebut adalah merekam presentasi power point atau disebut dengan presentasi degital.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KONTEN VIDEO, KONTEKS MATERI, KONTEKS SOAL DAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA PLATFRO YOUTUBE
Pengarang NABILA NOOR ALIFA BASUKI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAB a 2022
Subyek Analisis, Konten Video, Konteks Materi, Konteks So
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua