Detail Cantuman Kembali
Amelia Husnul Mahmudah - Personal Name

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING ANTARA PENGGUNAAN ALAT PERAGA KONKRIT DENGAN ALAT PERAGA BERBANTUAN GEOGEBRA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 16 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2021/2022

Mahmudah, Amelia Husnul. 2022. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pembelajaran Blended Learning Antara Penggunaan Alat peraga Konkrit dengan Alat Peraga Berbantuan Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 16 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing (I) Dra. Hj. Suriaty, M.Pd dan (II) Dr. H. Abd. Basir A., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa pada pembelajaran blended learning antara penggunaan alat peraga konkrit dengan alat peraga berbantuan geogebra pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 16 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain yang digunakan yaitu posttest only control group dengan memberikan perlakuan antara pembelajaran menggunakan alat peraga konkrit dengan berbantuan geogebra. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Samarinda tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 9 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive cluster sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan melakukan uji beda rata-rata terhadap kelas yang memiliki rata-rata hasil belajar nilai ulangan tengah semester ganjil yang tidak berbeda secara signifikan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji beda rata-rata yaitu, uji independent sample t-test dengan bantuan program SPSS versi 25, berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh nilai signifikansi (Sig.) yaitu 0,969 maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai ulangan tengah semester matematika semester ganjil tidak berbeda secara signifikan. Berdasarkan hal tersebut, sampel pada penelitian ini adalah kelas VIIID dan VIIIG.
Hasil analisis data terkait hasil belajar matematika siswa dilakukan menggunakan uji independent sample t- test diperoleh nilai signifikansi (Sig.) yaitu 0,032 maka penulis menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada pembelajaran blended learning antara penggunaan alat peraga konkrit dengan alat peraga berbantuan geogebra materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII semester II SMP Negeri 16 Samarinda tahun ajaran 2021/2022.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING ANTARA PENGGUNAAN ALAT PERAGA KONKRIT DENGAN ALAT PERAGA BERBANTUAN GEOGEBRA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 16 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2021/2022
Pengarang Amelia Husnul Mahmudah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AME p 2022
Subyek Blended Learning, Hasil Belajar Matematika
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua