Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 21 Samarinda
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa; (2) motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa; dan (3) fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 21 Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Pengumpulan data diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada 95 siswa kelas VIII A s/d VIII D di SMP Negeri 21 Samarinda dan dokumentasi prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) fasilitas belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, maka H0 diterima dan Ha ditolak; (2) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, maka Ha diterima dan H0 ditolak; dan (3) secara simultan fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 21 Samarinda. Berdasarkan hal tersebut, siswa diharapkan mampu memanfaatkan fasilitas belajar yang telah disediakan secara maksimal untuk keperluan belajar, sehingga dapat menimbulkan motivasi pada diri siswa sendiri dengan begitu harapannya bahwa prestasi belajar para siswa dapat meningkat.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 21 Samarinda |
---|---|
Pengarang | FAHRIADI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FAH p 2022 |
Subyek | Prestasi belajar siswa |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY