Detail Cantuman Kembali
SAFIRA SALSABILLA - Personal Name

Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Flipbook Berbasis Infografis pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMPN 05 Samarinda.

Safira Salsabilla, 2022. Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Flipbook Berbasis Infografis pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMPN 05 Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan oleh Bapak Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Riyo Riyadi, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing II
Guru sebagai fasilitator siswa, memiliki peran penting dalam menentukan perencanaan pengajaran untuk menghasilkan siswa yang berkualitas. Perencanaan tersebut erat kaitannya dengan berbagai unsur salah satunya ialah menentukan bahan ajar. Salah satu untuk menentukan bahan ajar dengan memanfaatkan kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-modul flipbook berbasis infografis pada mata pelajaran IPS kelas VII untuk menguji tingkat kelayakan bahan ajar e-modul flipbook berbasis infografis dan respon siswa kelas VII A di SMPN 05 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan Research & Development (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, design, development, disseminate). Dimulai dari proses pendefinisian masalah di sekolah, membuat perancangan story board pada produk e-modul, lalu dilanjut dengan pengembangan e-modul dengan mengkonversi menggunakan flipbook yang mana akan di uji oleh ahli media dan ahli materi, dan proses terakhir ialah menyebarkan produk pada tingkat sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan bahan ajar e-modul flipbook berbasis infografis berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi didapatkan (1) hasil jumlah skor 42,5 dari skor maksimum 50 sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan presentase kelayakan 85%. (2) hasil penilaian oleh ahli media mendapatkan jumlah total skor 66 dari skor maksimum 75 sehingga termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak” dengan presentase kelayakan 88%. (3) Hasil respon peserta didik pada kelompok kecil mendapatkan jumlah total skor 46,4 dari skor maksimum 50 sehingga termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak” dengan presentase kelayakan 92,8%. (4) hasil penilaian kelompok besar memperoleh total skor 45,11 dari jumlah skor maksimum 50 sehingga termasuk dalam kategori ”Sangat Layak” dalam presentase kelayakan 90,2%. Respon siswa pada kualitatif juga menyebutkan respon positif dari peserta didik terhadap Emodul berbasis digital flipbook, bahkan peserta didik ingin memiliki E-modul berbasis digital flipbook pada smartphone agar belajar lebih efisien dan efektif. Kesimpulannya, bahan ajar e-modul flipbook berbasis infografis pada mata pelajaran IPS kelas VII A “layak” digunakan sebagai sumber pembelajaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Flipbook Berbasis Infografis pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMPN 05 Samarinda.
Pengarang SAFIRA SALSABILLA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SAF p 2022
Subyek Research & Development, 4D, Bahan Ajar
E-modul flipbook berbasis infografis
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN EKONOMI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua