Detail Cantuman Kembali
Surya Pratama - Personal Name

Identifikasi bahaya, penilaian risiko, dan upaya pengendalian risiko pada kegiatan penyaradan kayu di PT Ratah Timber

Surya Pratama (1804015069). Identifikasi Bahaya, Penilaian Risiko, dan Upaya Pengendalian Risiko pada, Kegiatan Penyaradan Kayu di IUPHHK-HA PT Ratah Timber (Dibimbing oleh Diah Rakhmah Sari dan Ali Suhardiman).
Pemanenan hutan merupakan kegiatan utama dalam proses produksi pengolahan kayu. Dalam melakukan kegiatan pemanenan hutan, pekerjaan penyaradan kayu merupakan kegiatan yang harus diperhatikan karena mempunyai risiko bahaya yang sangat tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi bahaya yang terjadi pada kegiatan penyaradan kayu, untuk mengetahui tingkat risiko setiap potensi bahaya, dan untuk mengetahui upaya pengendalian risiko setiap potensi bahaya pada kegiatan penyaradan kayu. Metode yang digunakan adalah melakukan Hazard Identification, Risk Assessment, and Determining Control (HIRADC). Dengan cara melakukan observasi lapangan secara langsung dan melakukan wawancara kepada operator traktor, helper, pengawas lapangan, dan ahli K3. Jumlah operator dan helper yang dilakukan wawancara adalah 4 operator traktor dan 2 helper. Hasil dari penelitian telah menunjukan bahwa bahaya yang muncul pada saat pekerjaan penyaradan kayu ditemukan 25 jenis bahaya yang dapat terjadi berupa 7 bahaya mekanis, 11 bahaya biologi, 1 bahaya ergonomis, 2 bahaya fisik, dan 4 bahaya kimia. Serta tingkat risiko yang terjadi pada pekerjaan penyaradan kayu dibagi menjadi 3 kategori yaitu risiko rendah, risiko sedang, dan risiko tinggi. Dalam upaya melakukan pengendalian risiko pada pekerjaan penyaradan kayu dengan membersihkan area tempat kerja terlebih dahulu sebelum melakukan pekerjaan, menyesuaikan atau merekayasa posisi duduk pekerja agar sesuai dengan postur pekerja tersebut, membuat prosedur kerja, menentukan durasi pekerjaan, serta memasang kaca dan spion pada traktor, dan selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap pada saat melakukan pekerjaan penyaradan kayu.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Identifikasi bahaya, penilaian risiko, dan upaya pengendalian risiko pada kegiatan penyaradan kayu di PT Ratah Timber
Pengarang Surya Pratama - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SUR i 2022
Subyek Identifikasi Bahaya, Penyaradan Kayu,
Penilaian Risiko, Pengendalian risiko,
PT Ratah Timber
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan kehutanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua