Detail Cantuman Kembali
Muhammad Amin Rais - Personal Name

TINGKAT PENGETAHUAN PETERNAK KAMBING TERHADAP PAKAN KOMPLIT DI KECAMATAN ANGGANA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

MUHAMMAD AMIN RAIS, Tingkat Pengetahuan Peternak Kambing Terhadap Pakan Komplit di Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2022. (Dibawah bimbingan Hamdi Mayulu dan Surya Nur Rahmatullah).
Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan faktor-faktor yang mempengaruhi peternak kambing terhadap pemanfaatan pakan komplit di Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara. Materi penelitian melibatkan peternak kambing sebagai responden yang berada di kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
Penelitian dilaksanakan pada Bulan Mei sampai Bulan Juni 2022. Sampel responden ditentukan dengan menggunakan metode total sampling sebanyak 37 orang dari dua Desa (Desa Sidomulyo dan Desa Kutai Lama. Data pengetahuan peternak dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Match Paris Test dan Uji z, selanjutnya EP (Efektifitas Penyuluh) dan EPP (Efektifitas Perubahan Pengetahuan) digunakan untuk mengetahui efektifitas penyuluhan yang diberikan pada saat penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan peternak kambing mengenai pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan komplit mengalami peningkatan. Peningkatan Pengetahuan peternak mengenai aspek pakan komplit mengalami peningkatan sebelum dan sesudah penyuluhan yaitu: skor sebelum penyuluhan 3,16 sedangkan setelah penyuluhan skor menjadi 33,91. Hal ini menyatakan bahwa telah terjadi peningkatan skor pengetahuan sebesar 30,75. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan peternak meliputi usia, pendidikan, pengalaman beternak dan jumlah kepemilikan ternak. Tingkat Efektifitas Penyuluh (EP) dan tingkat Efektifitas Perubahan Pengetahuan (EPP) dari hasil perhitungan diatas diperoleh EP 282% dan EPP 347% dalam kategori efektif.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa peningkatan Pengetahuan peternak mengenai aspek pemanfaatan limbah sebagai pakan komplit mengalami peningkatan sebelum dan sesudah penyuluhan yaitu: sebelum penyuluhan (skor 3,16) dan setelah penyuluhan (skor 33,91). Selain itu peningkatan pengetahuan sebesar (skor 30,75). 2. Tingkat Efektifitas Penyuluh (EP) dan tingkat Efektifitas Perubahan Pengetahuan (EPP) dari hasil perhitungan diatas diperoleh EP 282% dan EPP 347% dalam kategori efektif

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul TINGKAT PENGETAHUAN PETERNAK KAMBING TERHADAP PAKAN KOMPLIT DI KECAMATAN ANGGANA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang Muhammad Amin Rais - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH t 2022
Subyek pengetahuan, penyuluhan, peternak, pakan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Peternakan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua