Detail Cantuman Kembali
JULET LAWAI - Personal Name

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pretest dan posttest sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk mengetahui apakah model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuntitatif dengan metode quasi eksperimen dengan OneGroupe Pretest-Posttest Design pada materi gerak harmonik sederhana. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 36 siswa kelas X MIPA 2 di SMAN 11 Samarinda. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan instrument tes tertulis berupa soal essay sebanyak 10 soal. Hasil perolehan rata-rata N-Gain indikator berpikir kritis adalah 0,69 yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil rata-rata nilai sebelum diberikan model pembelajaran inkuiri terbimbing Pretest sebesar 49,47 yang termasuk dalam kategori kurang kritis dan sesudah diberikan model pembelajaran inkuiri terbimbing didapatkan nilai rata-rata posttest sebesar 84,81 yang termasuk dalam kategori Sangat kritis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, Kemampuan berpikir kritis, Gerak Harmonik Sederhana.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Pengarang JULET LAWAI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JUL p 2022
Subyek Inkuiri terbimbing, Kemampuan berpikir kritis, Ger
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Fisika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua