Detail Cantuman Kembali
Nida'ul Jannah - Personal Name

Analisis Literasi Matematika Berdasarkan Jenis Kelamin Siswa Kelas IX di SMP IT Cordova Samarinda

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan tujuan mengetahui literasi matematika berdasarkan jenis kelamin siswa. Dalam penelitian ini data yang diambil berupa data kuantitatif yaitu data berbentuk angka dari perhitungan dan pengukuran yang telah ditentukan untuk mengetahuihasil tes literasi matematika. Selanjutnya hasil tes siswa tersebut dinyatakan dalam bentuk skor dari tingkat kategori soal yang telah ditentukan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui literasi matematika di kelas IX SMP IT Cordova Samarinda.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A1 dan IX A2 (siswa laki-laki) kelas IX B1 dan B2 (siswa perempuan) SMP IT Cordova Samarinda jumlah siswa laki-laki 47 dan jumlah siswa perempuan 48 siswa. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah literasi matematika berdasarkan jenis kelamin siswa kelas IX di SMP IT Cordova Samarinda.
Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tes tertulis, tes tertulis bertujuan untuk mengukur dan memperoleh gambaran tentang literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal yang telah ditentukan. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif yaitu nilai mentah yang diperoleh siswa, skor siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan dari 3 tingkat kategori soal.Penelitian ini yaituanalisis deskriptif yang dilakukan adalah penyajian data dalam bentuk tabel berupa skor perolehan siswadari hasil 3 level tingkat kategori soal yang telah ditentukan yaitu kategori soal rendah, kategori soal sedang, dan kategori soal sulit dari hasil literasi siswa laki-laki dan perempuan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah disajikan dapat disimpulkan bahwa literasi matematika siswa kelas IX di SMP IT Cordova Samarinda siswa laki-laki memiliki literasi matematika lebih unggul dari siswa perempuan dilihat dari hasil tes siswa laki-laki dapat menyelesaikan soal level sedang dan soal level sulit sedangkan siswa perempuan dapat menyelesaikan soal level rendah dan soal level sedang, maka dapat disimpulkan bahwa siswa laki-laki lebih unggul dari siswa perempuan dengan dapat menyelesaikan soal level sulit.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Literasi Matematika Berdasarkan Jenis Kelamin Siswa Kelas IX di SMP IT Cordova Samarinda
Pengarang Nida'ul Jannah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NID a 2022
Subyek Jenis Kelamin
Analisis Literasi
Tingkat Kategori, Soal PISA
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan pendidikan matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua