Detail Cantuman Kembali
RISMAWATI - Personal Name

EKSPLORASI KEARIFAN LOKAL DAYAK TUNJUNG DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA (STUDI KASUS PERILAKU IBU RUMAH TANGGA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI KAMPUNG LINGGANG MAPAN, KUTAI BARAT)

Polarisasi pengelolaan sampah ibu rumah tangga di kampung linggang mapan sudah terjadi dari generasi sebelumnya dan di lanjutkan hingga generasi sekarang. Dimana perilaku pengelolaan sampah yang salah di lakukan secara turun temurun sehingga menjadi sebuah kebiasaan yang berdampak negative pada kesehatan dan lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik dengan strategi studi kasus dan pendekatan etnografi. Dengan tujuan penelitian eksplorasi kearifan lokal yang terdapat dalam perilaku pengelolaan sampah ibu rumah tangga. Hasil penelitian menujukkan bahwa sumber dan karakteristik sampah di dominasi oleh sampah anorganik. Dengan timbulan sampah rata-rata 17,68 kg/hari. Sebanyak 58% ibu rumah tangga cenderung lebih memilih untuk membakar sampah anorganik dan memberikan sisa makanan atau sampah organik kepada ternak. Hal ini dikarena adanya kebiasan atau pola yang berulang dilakukan secara turun temurun dari orang tua terdahulu dan menjadi kebiasaan bagi generasi selanjutnya. Hal ini juga berdampak pada kondisi penampungan sementara yang secara keseluruhan dalam kondisi kurang baik. Kurangnya peran dari Lembaga-lembaga turut mempengaruhi perilaku pengelolaan sampah. Kepada pihak pemerintah kampung atau desa di harapkan dapat mengadakan sosialisasi mengenai pengelolaan sampah yang benar dan memberikan himbauan secara langsung mengenai pengelolaan sampah. Serta mengarahkan semua Lembaga di Kampung Linggang Mapan untuk ikut serta dalam pemberian informasi terkait pengelolaan sampah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EKSPLORASI KEARIFAN LOKAL DAYAK TUNJUNG DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA (STUDI KASUS PERILAKU IBU RUMAH TANGGA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI KAMPUNG LINGGANG MAPAN, KUTAI BARAT)
Pengarang RISMAWATI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIS e 2022
Subyek Dayak tunjung, kearifan lokal, pengelolaan sampah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan ILMU KESEHATAN MASYARAKAT
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua