Detail Cantuman Kembali
AWANG ANDRIAN - Personal Name

SUPLEMENTASI BAKTERI ASAM LAKTAT DALAM MENGENDALIKAN INFEKSI BAKTERI Pseudomonas Sp. PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Penyakit bakterial pada ikan yang sering menjadi kendala disebabkan oleh Pseudomonassp. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pemberian suplementasi bakteri asam laktat terhadap ketahanan tubuh ikan nila yang diinfeksi bakteri Pseudomonas sp.Penelitian ini dilaksanakan Maret sampai April 2022 di Laboratorium Mikrobiologi dan Bioteknologi Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman, Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dengan bakteri asam laktat yang berbeda dan 3 kali ulanganjenis bakteri asam laktat yang digunakan yaitu: P0 (PBS), P1(Enterococcus feacalis), P2 (Lactobacillus plantarum), P3 (Lactococcus lactis)dengan dosis 106 CFU/mL dan dicampur 2% putih telur diberikan selama 14 hari. Hasil penelitian menunjukan bahwa suplementasi bakteri asam laktat mampu meringankan gejala klinis dan patologi anatomi, meningkatkan kelangsungan hidup dibanding dengan perlakuan kontrol pada penelitian ini tingkat kelangsungan hidup tertinggi sebesar 100% pada perlakuanEnterococcus feacalis, Analisi ragam menunjukan perlakuan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap total bakteri Pseudomonassp. (P>0.05) dan total rata-rata koloni terendah sebesar 7,45 x 103CFU/mL yaitu perlakuan yang diberi Enterococcus faecalis dan parameter kualitas air masih dalam batas normal.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SUPLEMENTASI BAKTERI ASAM LAKTAT DALAM MENGENDALIKAN INFEKSI BAKTERI Pseudomonas Sp. PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus)
Pengarang AWANG ANDRIAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AWA s 2022
Subyek Oreochromis niloticus, Bakteri asam laktat danPseu
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit
Jurusan AKUAKULTUR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua