HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Samarinda. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian ini memiliki populasi 370 dengan sampel sebanyak 193 responden yang mana pengambilan sampel menggunakan sampel acak sederhana (Simple random sampling). Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan angket dukungan sosial teman sebaya dan angket motivasi belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 21 for windows dan perhitungan skala angket. Hasil analisis data dukungan sosial teman sebaya termasuk dalam kategori tinggi yang dilihat dari skor total keseluruhan mendapatkan 24.105 sedangkan untuk tingkat motivasi belajar pada siswa termasuk kategori sedang yang dilihat dari skor total keseluruhan mendapatkan 22.212, dan untuk uji korelasi product moment yaitu rhitung (0,674) > rtabel (0,138) artinya terdapat hubungan positif yang kuat antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri Samarinda. Berdasarakan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka semakin tinggi pula motivasi belajar pada siswa dan juga sebaliknya. Diharapkan siswa dapat meningkatkan dukungan sosial antar teman sebaya sehingga dapat membantu menyelesaikan permasalahan belajar terutama pada motivasi belajar.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | RIMA ARINDA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIM h 2022 |
Subyek | Dukungan Sosial Teman Sebaya, Motivasi Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | BIMBINGAN DAN KONSELING |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY