Detail Cantuman Kembali
ADITYA RIVALDI - Personal Name

Kualitas Fisik (Nilai pH dan Daya Ikat Air) Daging Dada Ayam Broiler (Pectoralis superficialis) Dengan Penambahan Fosfat Pengganti

ADITYA RIVALDI. Kualitas Fisik (Nilai pH dan Daya Ikat Air) Daging Dada Ayam Broiler (Pectoralis superficialis) Dengan Penambahan Fosfat Pengganti, Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman 2022 (Dibawah bimbingan Muh. Ichsan Haris dan Ari Wibowo).
Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas daging secara uji fisik meliputi nilai pH dan daya ikat air pada daging dada ayam broiler dengan penambahan fosfat pengganti. Kualitas fisik daging merupakan suatu kombinasi dan variasi sifat daging sehingga produk daging dapat dimakan, kualitas sifat fisik daging memegang peranan penting dalam proses produksi, karena kualitas sifat fisik menentukan mutu dan jenis produk yang dihasilkan. Ayam broiler merupakan salah satu sumber penyumbang kebutuhan protein hewani bagi masyarakat.
Penelitian dilaksanakan pada Bulan Mei 2022 sampai Bulan Juni 2022 dengan melakukan pengujian kualitas fisik daging dada ayam broiler meliputi uji pH di Laboratorium Nutrisi Ternak dan uji daya ikat air di Laboratorium Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode eksperimental dengan rancangan dasar yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan 3 perlakuan yaitu: P0: Tanpa diberi penambahan fosfat (Kontrol Positif), P1: Diberi penambahan fosfat 3% STPP (Sodium Tripolifosfat) dan P2: Diberi penambahan fosfat 3% MSG (Monosodium Glutamat).
Berdasarkan hasil penelitian kualitas fisik (nilai pH dan daya ikat air) daging dada ayam broiler (Pectoralis superficialis) dengan penambahan fosfat pengganti yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa dengan penambahanfosfat pengganti sodium tripolifosfat (STPP) dan monosodium glutamat (MSG)berpengaruh terhadap kualitas fisik pada daging dada ayam broiler (Pectoralis superficialis) meliputi nilai pH dan daya ikat air.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kualitas Fisik (Nilai pH dan Daya Ikat Air) Daging Dada Ayam Broiler (Pectoralis superficialis) Dengan Penambahan Fosfat Pengganti
Pengarang ADITYA RIVALDI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ADI k 2022
Subyek Daging dada ayam broiler kualitas fisik fosfat
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Jurusan Peternakan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua