Detail Cantuman Kembali
Indah Rizki Nugraheni - Personal Name

PENAMBAHAN KOMBINASI SPIRULINA DAN MINYAK IKAN PADA PAKAN TERHADAP PERFORMA KECERAHAN WARNA DAN PERTUMBUHAN IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO)

INDAH RIZKI NUGRAHENI, 2022. Penambahan Kombinasi Spirulina dan Minyak pada Pakan Terhadap Performa Kecerahan Warna dan Pertumbuhan Ikan Koi (Cyprinus carpio) (Dibimbing oleh Isriansyah dan Sumoharjo) Ikan Koi (Cyprinus carpio) adalah ikan hias air tawar yang digemari masyarakat saat ini. Ikan Koi (C. carpio) banyak diminati karena daya tarik pada warnanya yang cantik. Ikan Koi yang dipelihara sebagai ikan hias sering mengalami perubahan warna menjadi kurang cerah, hal ini dikarenakan kekurangan karetenoid pada pakan ikan yang diberikan. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis perubahan tingkat kecerahan warna, pertumbuhan, dan menentukan dosis yang tepat pada pakan yang dikombinasi dengan spirulina dan minyak ikan pada ikan Koi (C. carpio). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Dosis yang diberikan pada 4 perlakuan yaitu (5% spirulina), (5% spirulina : 1% minyak ikan), (5% spirulina : 2% minyak ikan), dan (5% spirulina : 3% minyak ikan). Hasil penelitian menujukkan bahwa penambahan tepung spirulina dan minyak ikan tidak berpengaruh nyata terhadap perubahan level warna TCF, tetapi berpengaruh nyata terhadap dimensi warna merah (Red) dan kecerahan warna (L*a*b*) (P kurang dari 0,05). Penambahan kombinasi tepung spirulina dan minyak ikan juga berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan panjang total, pertumbuhan berat mulak, dan laju pertumbuhan spesifik (P kurang dari 0,05). Perubahan level warna TCF, perubahan dimensi warna merah (Red), dan perubahan kecerahan warna (L*a*b*) mendaptakan nilai tertinggi terdapat pada penambahan (5% spirulina : 2% minyak ikan). Pertumbuhan panjang total, pertumbuhan berat mutlak, dan laju pertumbuhan spesifik mendapatkan nilai tertinggi pada penambahan (5% spirulina : 2% minyak ikan).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENAMBAHAN KOMBINASI SPIRULINA DAN MINYAK IKAN PADA PAKAN TERHADAP PERFORMA KECERAHAN WARNA DAN PERTUMBUHAN IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO)
Pengarang Indah Rizki Nugraheni - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IND p 2022
Subyek IKAN KOI (Cyprinus carpio),
Spirulina dan Minyak Ikan
Kecerahan Warna, Pertumbuhan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit
Jurusan Budidaya Perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua