Detail Cantuman Kembali
KHORIDATUR RIF'AH - Personal Name

PENGARUH KOMBINASI PAKAN KOMERSIAL DAN MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens) TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus)

Khoridatur Rif’ah, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, 2022. Pengaruh Kombinasi Pakan Komersial Dan Maggot Black Soldier Fly (Hermetia illucens) Terhadap Pertumbuhan Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Dibimbing oleh Dr. Lariman, M.Si dan Drs. Sus Trimurti, M.P.

Pakan merupakan salah satu faktor penting dan sumber energi yang dibutuhkan ikan untuk menunjang pertumbuhan, reproduksi, dan kelangsungan hidupnya. Tingginya harga bahan pakan sumber protein menjadi kendala dalam budidaya ikan. Pakan alami yang dapat dijadikan alternatif pakan ikan yaitu larva dariblack soldier fly (Hermetia illucens) karena memenuhi syarat sebagai sumber protein. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kombinasi pemberian pakan komersial dan maggot terhadap pertumbuhan ikan lele dumbo (Clarias gariepinus). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Frekuensi pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari pada pukul 08.00 dan 16.00 WITA sebanyak 5% dari biomassa ikan. Pengukuran panjang, bobot, tingkat kelangsungan hidup dan kualitas air dilakukan setiap 10 hari sekali. Hasil dari penelitian didapatkan kombinasi pakan komersial dan maggot terbaik terdapat pada perlakuan 3 (P3) dengan kombinasi pakan komersial 50% dan maggot 50% yaitu dengan nilai rata-rata panjang sebesar 144,03 mm dan rata-rata bobot sebesar 61,11 gr, serta tingkat kelangsungan hidup sebesar 95-100%.
Kata Kunci: Pakan, maggot, pertumbuhan, ikan lele dumbo.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KOMBINASI PAKAN KOMERSIAL DAN MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens) TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus)
Pengarang KHORIDATUR RIF'AH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KHO p 2022
Subyek Pakan, maggot, pertumbuhan, ikan lele dumbo
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua