Pengaruh Online Learning Terhadap Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Samarinda
Penelitian ini dilatar belakangi dari data hasil AKPD yang menyatakan bahwa adanya indikasi mengenai kurangnya motivasi belajar dan keaktifan belajar siswa ditambah lagi kondisi pandemi sehingga perlunya dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online learning terhadap motivasi belajar dan keaktifan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 16 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA Negeri 16 Samarinda yang berjumlah 383 siswa dan sampel untuk penelitian ini sebanyak 110 siswa kelas XI yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang diukur menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan sebagai uji prasyarat adalah uji normalitas dan uji liniearitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dengan hasil nilai signifikansi online learning teradap motivasi belajar sebesar 0,011 < 0,05 yang berarti bahwa Ha1 dalam penelitian ini diterima atau dikatakan bahwa terdapat pengaruh antara online learning terhadap motivasi belajar dan hasil nilai sig online learning terhadap keaktifan belajar sebesar 0,041 < 0,05 yang berarti bahwa Ha2 dalam penelitian ini diterima dan hipotesis lainnya ditolak yang artinya terdapat pengaruh online learning terhadap keaktifan belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online learning beregresi signifikan terhadap motivasi belajar sebesar 25,9% dan online learning juga beregresi terhadap keaktifan belajar sebesar 30,5% yang menandakan adanya pengaruh dalam penelitian ini sehingga Ha1 dan Ha2 dalam penelitian ini diterima dan Ho1 Ho2 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara online learning terhadap motivasi belajar dan keaktifan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 16 Samarinda. Saran bagi guru BK hendaknya dapat memaksimalkan pemberian layanan yang dibutuhkan oleh siswa dan untuk guru mata pelajaran diharapkan dapat mengkreasikan metode pembelajarannya agar siswa tetap aktif dan semangat mengikuti pelajaran.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Online Learning Terhadap Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Malinda - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MAL p 2022 |
Subyek | Online Learning keaktifan belajar, motivasi belajar, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bimbingan dan Konseling |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY