Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Samarinda
Rizka Nur Indrawasih, 2022. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidika MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Dibimbing oleh Dr. H. Usfandi Haryaka, M.Pd dan Dr. H. Haeruddin, M.Si.
Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah salah satu kompetensi matematis yang sangat penting untuk dikuasai oleh peserta didik. Pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah langkah-langkah pemecahan masalah Polya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Samarinda.
Pelaksanaan penelitian ini pada bulan September 2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Samarinda yang berjumlah 47 siswa dan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Samarinda. Instrumen penelitian ini adalah tes tertulis, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa pada kategori tinggi sebanyak 11 orang, kemampuan siswa pada kategori sedang sebanyak 18 orang, dan kemampuan siswa pada kategori rendah sebanyak 18 orang. Berdasarkan langkah memahami masalah diperoleh rata-rata persentase 59,86% termasuk kategori rendah, rencana pemecahan masalah diperoleh rata-rata persentase 59,79% termasuk kategori rendah, melaksanakan rencana pemecahan masalah diperoleh rata-rata persentase 56,03% termasuk kategori rendah, dan memeriksa kembali pemecahan masalah diperoleh rata-rata persentase 46,60% termasuk kategori rendah. Dengan demikian disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Samarinda tergolong rendah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Rizka Nur Indrawasih - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIZ k 2022 |
Subyek | Kemampuan, Pemecahan Masalah, Matematika, Polya |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY