Elaborasi Model Technology Acceptance Model (TAM) dan DeLone & McLean Untuk Mengukur Faktor Penggunaan ShopeePay
Penggunaan dompet digital di Indonesia semakin meningkat baik dilakukan melalui belanja online maupun belanja secara langsung. Terdapat berbagai faktor yang melatarbelakangi penggunaan dompet digital oleh masyarakat Indonesia. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui pengaruh dari faktor-faktor yang menjadi latar belakang penggunaan dompet digital yang dalam hal ini adalah dompet digital ShopeePay, dengan mengetaui pengaruh dari Easy of Use terhadap Intention to Use dan User Satisfaction serta dampaknya terhadap Net Benefit. Penelitian ini menggabungkan dua bentuk model penelitian sistem informasi yaitu Technology Acceptance Model (TAM) dan model Delone dan McLean. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode asosiatif dengan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik nonprobability sampling, dengan sampel sebanyak 100 responden dari pengguna ShopeePay. Hasil dari penelitian ini mendukung seluruh hipotesis yaitu menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari Easy of Use terhadap Intention to Use dan User Satisfaction, serta dampaknya terhadap Net Benefit. Tingkat hubungan tertinggi terdapat pada variabel Easy of Use terhadap variabel Intention to Use dengan nilai original sampel sebesar 0.696 atau 69%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Elaborasi Model Technology Acceptance Model (TAM) dan DeLone & McLean Untuk Mengukur Faktor Penggunaan ShopeePay |
---|---|
Pengarang | Romlah Novianti - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ROM e 2022 |
Subyek | Technology Acceptance Model (TAM), Metode Delone & McLean, Easy of Use, Intention to Use, User Satisfaction, Net Benefit |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Administrasi Bisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY