Detail Cantuman Kembali
Syura Amiriyah - Personal Name

Pemanfaatan Buah Kelapa Untuk Pemberdayaan Masyarakat Desa Maruat Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser

SYURA AMIRIYAH, Program Studi S1 Pembangunan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Skripsi ini berjudul Pemanfaatan Buah Kelapa Untuk Pemberdayaan Masyarakat Desa Maruat Kecamatan Longkali Kabupaten Paser. Bapak Drs. Martinus Nanang, MA sebagai pembimbing tunggal.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang perbedaan kinerja dari kelompok pemberdayaan Cahaya Mekar dan Batok Kriya yang ada di Desa Maruat Kecamatan Longkali Kabupaten Paser.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemanfaatan buah kelapa untuk pemberdayaan kelompok Cahaya Mekar dan Batok Kriya serta kinerja setiap kelompok mulai dari proses pembuatan produk dari barang mentah hingga barang jadi sehingga dapat memetik pelajaran dari kedua kelompok tersebut.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif yang memperoleh informasi dari data primer maupun sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik Analysis Interaktif dalam penyajiannya dan menggunakan model Miles And Huberman. Serta menggunakan teori pemberdayaan kelompok dimana dalam mencapai tujuan pemberdayaan menggunakan metode Schmidt (1974) yaitu memberikan pengalaman baru kepada masyarakat serta menata pengalaman lama dengan cara baru dalam memberdayakan masyarakat di Desa Maruat.
Hasil penelitian ini didapat beberapa temuan bahwa pemanfaatan kelapa di Desa Maruat terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok Cahaya Mekar yang bergerak di bidang pembuatan minyak kelapa menjadi minyak goreng dan VCO dan kelompok Batok Kriya bergerak di bidang kerajinan dari batok kelapa. pada penelitian ini peneliti menemukan adanya perbedaan tenaga kerja kedua kelompok khususnya pada kelompok Batok Kriya yaitu a) Tenaga Kerja, kelompok Batok Kriya tersisa satu orang sehingga kelompok tidak dapat berkembang. b)Teknologi Pemasaran, tidak menggunakan media sosial sebagai media promosi sehingga produk yang dihasilkan kurang dikenal khalayak luas. c)Jaringan Pemasaran, kerjasama dengan perusahaan dan toko sebagai distributor kepada konsumen yang kurang akan mempengaruhi perkembangan kelompok. d)Pendapatan Anggota, pendapatan yang tidak menentu berdampak pada konsistensi tenaga kerja untuk tetap mengolah batok kelapa menjadi kerajinan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pemanfaatan Buah Kelapa Untuk Pemberdayaan Masyarakat Desa Maruat Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser
Pengarang Syura Amiriyah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SYU p 2022
Subyek Pemanfaatan Buah Kelapa, Pemberdayaan Kelompok, Ca
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan pembangunan sosial
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua