Detail Cantuman Kembali
RIANITA - Personal Name

MEKANISME PENETAPAN UPAH PEKERJA KEBUN KELAPA SAWIT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Desa Rintik Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara)

Penelitian ini dilakukan oleh Rianita dengan judul “Mekanisme Penetapan Upah Pekerja Kebun Kelapa Sawit Menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Desa Rintik Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara)”, di bawah bimbingan Joko Susilo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penetapan upah pekerja kebun kelapa sawit Desa Rintik Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara menurut perspektif ekonomi syariah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme penetapan upah pekerja kebun kelapa sawit di Desa Rintik belum sepenuhnya sesuai dengan ekonomi syariah dan pemilik kebun belum sepenuhnya berlaku adil serta layak dalam memberikan upah. Dalam pelaksanaan akad dilaksanakan secara lisan, setiap pekerjaan dan upahnya pun telah dijelaskan sebelum pekerjaan dimulai. Upah pekerja diberikan sesuai dengan pekerjaan, namun khusus pemanenan buah upah yang diberikan tidak sebanding dengan apa yang dikerjakan dan tenaga yang dikeluarkan selama bekerja. Upah yang diterima pekerja belum bisa memenuhi kebutuhan akan sandang, pangan serta papan, dan hak pekerja kurang terpenuhi dengan baik. Berkaitan dengan besaran upah pekerja, tidak ada ketentuan dari pemerintah Desa Rintik yang mengatur tentang ketetapan besaran upah pekerja kebun kelapa sawit.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MEKANISME PENETAPAN UPAH PEKERJA KEBUN KELAPA SAWIT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Desa Rintik Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara)
Pengarang RIANITA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIA m 2022
Subyek Upah pekerja, Ekonomi Syariah.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan EKONOMI SYARIAH
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua