Detail Cantuman Kembali
Nurmita Sari - Personal Name

Analisis Sifat Fisik Dan Organoleptik Pasta Asam Jawa (Tamarindus indica L.) Yang Dibuat Dengan Menggunakan Pengental Alami Dari Tepung Dan Pati Singkong Gajah (Manihot esculenta C.)

Asam jawa (Tamarindus indica L.) termasuk tanaman yang memiliki banyak manfaat, salah satunya digunakan sebagai bahan masakan seperti pasta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung singkong gajah dan pati singkong gajah sebagai bahan pengental. Parameter yang diuji pada pasta asam jawa adalah viskositas, kelarutan, kecepatan kelarutan, warna, pH dan karakteristik organoleptik perbandingan jamak. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan 2 perlakuan yaitu penambahan dua jenis bahan pengental (tepung singkong dan pati singkong) pada 4 konsentrasi berbeda (0%, 1%, 3%, dan 5% ) dengan masing-masing 3 ulangan. Data hasil uji fisik diolah dengan uji ANOVA dan organoleptik perbandingan jamak dengan uji DMRT taraf 5% menggunakan software sigmaplot 12.3. Dari hasil uji didapatkan bahwa penambahan pati singkong 5% merupakan perlakuan terbaik berdasarkan uji organoleptik perbandingan jamak atribut warna, aroma, tekstur, kekentalan dan rasa oleh panelis. Dengan nilai viskositas 8.59 Pa.s, nilai kelarutan 98.06%, lama waktu kelarutan 60-100 detik dan nilai pH 2.7.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Sifat Fisik Dan Organoleptik Pasta Asam Jawa (Tamarindus indica L.) Yang Dibuat Dengan Menggunakan Pengental Alami Dari Tepung Dan Pati Singkong Gajah (Manihot esculenta C.)
Pengarang Nurmita Sari - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR a 2022
Subyek Asam Jawa, Pasta, Bahan Pengental, Singkong Gajah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua