Detail Cantuman Kembali
Latifah Sitti Azizah - Personal Name

PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SAMARINDA

Latifah Sitti Azizah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Peran Guru sebagai Motivator dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah 2 Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H.Asnar,M.Si sebagai Pembimbing I dan Bapak Prof. Dr. Warman,M.Si sebagai Pembimbing II.
Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dan Untuk mengetahui Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di SMAMuhammadiyah 2 Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan deskripstif kualitatif, penelitian ini terfokus pada Peran guru sebagai motivator dan motivasi belajar siswa. Waktu pelaksanaan penelitian dari bulan September sampai dengan november 2021. Sumber data penelitian adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data yaitu terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa: 1) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah 2 Samarinda memiliki 3 poin yaitu mengayomi, pendekatan, dan pengelolaan kelas. Dari ketiga ini, guru bisa menciptakan motivasi belajar bagi siswa agar dalam proses pembelajaran di kelas dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah diharapkan. 2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah 2 Samarinda terbagi menjadi 2 faktor yaitu motivasi belajar internal dan eksternal. Motivasi internal merupakan motivasi yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri. Yang dimana motivasi ini bisa berupa kondisi kesehatan siswa, emosional, perasaan (mood), dan lain sebagainya. Motivasi ini juga sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran di kelas terutama pada mata pelajaran PPKn. Kemudian, motivasi eksternal merupakan motivasi yang berasal dari luar siswa yang menjadi dorongan bagi siswa untuk semangat dalam belajar. Motivasi ini bisa berupa fasilitas kelas yang mumpuni, lingkungan teman sebaya yang harmonis, lingkungan keluarga yang selalu mensupport, dan lain sebagainya.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SAMARINDA
Pengarang Latifah Sitti Azizah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI LAT P 2022
Subyek PERAN, GURU, MOTIVASI, BELAJAR, DAN SISWA
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua