Detail Cantuman Kembali
SURYA RIZKI ABDILLAH - Personal Name

PERANCANGAN PROGRAM PERHITUNGAN VOLUME BANGUNAN DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN C#

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, salah satu hal yang wajib dimuat pada surat perjanjian kontrak kerja adalah harga kontrak. Untuk dapat menentukan harga kontrak diperlukan sebuah Rencana Anggaran Biaya yang dimulai dengan menghitung volume pekerjaan. Menghitung volume pekerjaan secara manual memiliki kekurangan berupa waktu perhitungan yang lebih lama dan relatif tingginya risiko akan terjadinya kesalahan perhitungan. Agar dapat mengatasi kekurangan tersebut, pada penelitian ini dilakukan perancangan program komputer untuk membantu mempercepat perhitungan volume pekerjaan, lalu dilakukan pengujian untuk mengetahui bagaimana hasil perhitungan program. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah “Penelitian dan Pengembangan”, tahapan penelitian ini terdiri dari “Planning”, “Production”, dan “Evaluation”. Pada tahap planning dilakukan studi literatur dan pengumpulan data berupa gambar rencana dan kode-kode pemrograman yang diperlukan untuk melakukan perhitungan dan menyusun tampilan program.
Dari gambar rencana yang ada diidentifikasikan langkahlangkah perhitungan yang ada, seperti menghitung panjang, luas, dan/atau jumlah. Pada tahap production langkah-langkah yang telah teridentifikasi kemudian diterjemahkan ke bahasa pemrograman yang kemudian digunakan untuk membuat sistem yang dapat melakukan perhitungan volume pekerjaan berdasarkan input dari user. IDE yang digunakan untuk membuat program adalah Visual Studio 2017 dengan C# sebagai bahasa pemrogramannya. Pada tahap evaluation, program yang telah dibuat kemudian diuji UI dan hasil perhitungannya. UI diuji dengan memeriksa apakah komponen UI tersebut sudah bekerja sesuai rancangan atau tidak. Sedangkan hasil perhitungan diuji dengan menghitung persen kesalahan perhitungan programnya, persen kesalahan perhitungan yang dapat diterima adalah kurang dari 5%.
Berdasarkan hasil pengujian, seluruh komponen UI telah bekerja sesuai rancangan dan persen kesalahan perhitungan tertinggi yang terjadi pada pengujian adalah sebesar 1,514%. Terlepas dari hasil pengujian, program ini memiliki beberapa kekurangan yaitu program tidak dapat menghitung panjang garis melengkung, volume piramida, volume bola/ellipsoid, volume kerucut, luas bidang miring ketika diberikan tampak atasnya (menghitung luas atap ketika diberikan gambar tampak atas). Selain itu, program juga tidak dapat membedakan perhitungan luas untuk gambar yang saling menindih, program tidak dapat mengubah ukuran gambar tanpa melakukan reset terhadap perhitungan dan program tidak dapat menghitung dua atau lebih pekerjaan dengan skala yang berbeda menggunakan satu gambar.
Kata kunci :

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERANCANGAN PROGRAM PERHITUNGAN VOLUME BANGUNAN DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN C#
Pengarang SURYA RIZKI ABDILLAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SUR p 2021
Subyek Volume Pekerjaan, Bahasa Pemrograman C#,
Persen Kesalahan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan TEKNIK SIPIL
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua