Detail Cantuman Kembali
Ahmad Aliful Abidin - Personal Name

Klasifikasi Penyakit Tuberkulosis Menggunakan Metode Naive Bayes (Studi Kasus: Data Pasien di Puskesmas Petung Kabupaten Penajam Paser Utara)

Metode Naive Bayes adalah salah satu metode data mining yang digunakan dalam mengklasifikasi data dan memprediksi peluang di masa depan berdasarkanpengalaman atau data sebelumnya. Metode ini dikemukakan oleh ilmuwan Inggris, Thomas Bayes dengan menggunakan cabang matematika yang dikenal dengan teori probabilitas. Salah satu penyakit yang dapat diklasifikasikan menggunakan metode Naive Bayes adalah Tuberkulosis (TB). Tuberkulosis merupakan penyakit saluran pernapasan menular yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculous. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil dan tingkat akurasi dari klasifikasi penyakit Tuberkulosis menggunakan metode Naive Bayes pada salah satu unit pelayanan kesehatan yaitu Puskesmas Petung, Kabupaten Penajam Paser Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa klasifikasi data mining menggunakan metode Naive Bayes sudah tepat dalam mengklasifikasi penyakit Tuberkulosis. Untuk data training dan data testing dengan proporsi 90:10 diperoleh tingkat akurasi sebesar 87,5% atau dikategorikan sebagai Excellent Classification. Sedangkan untuk data training dan data testing dengan proporsi 70:30 diperoleh tingkat akurasi sebesar 90,9% atau dikategorikan sebagai Excellent Classification.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Klasifikasi Penyakit Tuberkulosis Menggunakan Metode Naive Bayes (Studi Kasus: Data Pasien di Puskesmas Petung Kabupaten Penajam Paser Utara)
Pengarang Ahmad Aliful Abidin - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AHM k 2022
Subyek Data Mining, Klasifikasi, Naive Bayes, Tuberkulosi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua