Detail Cantuman Kembali
Rahmahthul Jannah - Personal Name

Implementasi Program Zakat Community Development (ZCD) Berupa Bantuan Modal Dalam Prinsip Ekonomi Islam (Studi Pada BAZNAS Kabupaten Penajam Paser Utara)

Penelitian ini dilakukan oleh Rahmahthul Jannah dengan judul “Implementasi Program Zakat Community Development (ZCD) Berupa Bantuan Modal Dalam Prinsip Ekonomi Islam (Studi pada BAZNAS Kabupaten Penajam Paser Utara)”, dibawah bimbingan Hj. Isna Yuningsih, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep ekonomi Islam dalam pemberdayaan zakat melalui program Zakat Community Develompent (ZCD) berupa bantuan modal usaha oleh Badan Amil Zakat Kabupaten Penajam Paser Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah ketua dan wakil II bidang pendistribusian zakat BAZNAS Kabupaten Penajam Paser Utara dan kelompok mustahik penerima bantuan modal usaha.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program zakat community development dalam bentuk bantuan modal usaha, ada penerapan konsep ekonomi Islam dalam pemberdayaan program tersebut meliputi: tauhid, istikmar, istikhlaf, keadilan dan kemaslahtan. Meskipun dalam pelaksanaannya tidak ada tim khusus sebagai pendamping kelompok Zakat Community Develompent (ZCD) tersebut, namun program ini telah disalurkan dengan cukup baik dan tepat, dimana program ini memberi dampak positif pada pengembangan usaha kelompok mustahik penerima bantuan.
Kata Kunci: Zakat Community Development, Konsep Ekonomi Islam

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Implementasi Program Zakat Community Development (ZCD) Berupa Bantuan Modal Dalam Prinsip Ekonomi Islam (Studi Pada BAZNAS Kabupaten Penajam Paser Utara)
Pengarang Rahmahthul Jannah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAH i 2022
Subyek Zakat Community Development, Konsep Ekonomi Islam
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan Ilmu Ekonomi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua