Detail Cantuman Kembali
Hani Aliyya Wijayanty - Personal Name

BRAND COMMUNICATION BATIK KUNTUL PERAK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi Deskriptif pada UMKM CV. Sakinah Gallery Bontang)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi brand communication yang dilakukan CV. Sakinah Gallery pada brand Batik Kuntul Perak dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kepercayaan konsumen. Fokus penelitian terdiri dari: Source (sumber), Message (pesan), Channel (saluran media), Receiver (penerima), dan Effect (dampak) yang dianalisis dengan teori hierarchy of effect oleh Effect dikemukakan oleh Robert. J. Lavidge dan Gary A. Steiner dalam (Kotler & Keller, 2016). Model tahapan ini melewati tahap kognitif (belajar) melalui Awareness dan Knowledge, tahap afektif (merasakan) Liking, Preference, & Confiction, dan perilaku (tindakan) Purchase. Kunci Informan pada penelitian ini adalah pemilik CV. Sakinah Gallery dan informan pendukung yaitu karyawan CV. Sakinah Gallery, pihak pemerintah Dinas perindustrian, perdagangan, koperasi, usaha kecil dan menengah., dan konsumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian lapangan yang diteliti dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan penelitian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah komponen analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman . Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi brand communication CV. Sakinah Gallery dalam meningkatkan kesadaran dan kepercayaan konsumen sebagai Encoding (sumber) untuk memasarkan produk dengan memfokuskan aspek visual dan melakukan kegiatan brand activation seperti penjualan secara langsung, brosur, partisipasi dalam sebuah event. CV. Sakinah Gallery menyampaikan massage (pesan) untuk menciptakan kesadaran dan informasi brand dan produknya yaitu Batik Kuntul Perak menggunakan channel (saluran media) sosial Facebook, Whatsapp dan Instagram yang telah dibangun semenjak berdirinya brand Batik Kuntul Perak, selain itu penggunaan e-commerce juga telah dilakukan. Konsumen sebagai Decoder (penerima) pesan sebagai target pemasaran untuk dapat menerima serta mengolah pesan dan penawaran oleh produk yang menciptakan Effect (Tindakan) untuk berinteraksi dalam kegiatan komunikasi minat dan beli pada produk Batik Kuntul Perak dan membangun relasi kepercayaan dengan konsumen.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul BRAND COMMUNICATION BATIK KUNTUL PERAK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi Deskriptif pada UMKM CV. Sakinah Gallery Bontang)
Pengarang Hani Aliyya Wijayanty - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HAN b 2022
Subyek Kepercayaan Konsumen
Komunikasi Pemasaran
Brand Communication
Kesadaran Merek
Batik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua