Detail Cantuman Kembali
JODI DAVIDSON - Personal Name

Analisis Penggunaan Maleat Anhidrida (MAH) Terhadap Kualitas Wood Plastic Composite (WPC) Dari Serbuk Kayu Meranti Merah (Shorea sp.) Dengan Granula Plastik Polipropilena (PP) Dan Polietilena (PE)

Wood Plastic Composite (WPC) memiliki keunggulan dimana kayu dan plastik saling mendukung. Daya ikatan antara partikel kayu dengan plastik sangat rendah karena serbuk Meranti Merah (Shorea sp.) bersifat hidrofilik (suka air) sedangkan plastik bersifat hidrofobik (tidak suka air), sehingga diperlukan compatibilizeruntuk memperkuat ikatan antara kayu dan plastik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuidan menganalisis pengaruh penambahan MAH terhadap kualitas papan WPC dari serbuk kayu Meranti Merah (Shorea sp.) dengan campuran plastik Polipropilen (PP) dan Polietilen (PE). Penelitian dilakukan dengan 3 perlakuan dan 10 pengulangan, yaitu perlakuan P1 (0% MAH), perlakuan P2 (4% MAH), dan perlakuan P3 (8% MAH), menggunakan perbandingan serbuk dan plastik (40:60) dengan waktu tekan selama 20 menit dan tekan kempa 30 bar. Metode penelitian mengacu pada standar ASTM (D2395), ASTM (D4442), ASTM (D1037), ASTM (D4761) dan ASTM (D5651) untuk pengujian sifat fisika (kerapatan, kadar air, penyerapan air, dan pengembangan tebal) dan sifat mekanika (modulus elastisitas (MoE), keteguhan patah (MoR) dan Internal Bonding Strength (IBS). Untuk mutu Wood Plastic Composite (WPC) mengacu pada SNI 8154 (2015). Data hasil pengujian diolah menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Berdasarkan analisis ANOVA pada pengujian sifat fisika dan mekanika Wood Plastic Composite (WPC) menunjukkan pengaruh yang sangat signifikan pada pengujian kerapatan, kadar air, penyerapan air, pengembangan tebal, modulus elastisitas (MoE) dan Internal Bonding Strength (IBS), sedangkan pada pengujian keteguhan patah (MoR) tidak berpengaruh signifikan. Nilai pengujian terbaik dicapai pada perlakuan P3 (kerapatan 0,704 g/cm3, kadar air 2,321%, penyerapan air 15,719%, pengembangan tebal 1,733%, modulus elastisitas (MoE) 869,029 N/mm2, keteguhan patah (MoR) 6,517 N/mm2 dan Internal Bonding Strength (IBS) 0,926 N/mm2).Direkomendasikan penggunaan Maleat Anhidrida (MAH) 8% untuk pembuatan Wood Plastic Composite (WPC) dari serbuk meranti merah dengan campuran plastik Polipropilena (PP) dan Polietilena (PE) karena memberikan sifat fisika dan mekanika yang baik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Penggunaan Maleat Anhidrida (MAH) Terhadap Kualitas Wood Plastic Composite (WPC) Dari Serbuk Kayu Meranti Merah (Shorea sp.) Dengan Granula Plastik Polipropilena (PP) Dan Polietilena (PE)
Pengarang JODI DAVIDSON - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JOD a 2022
Subyek Wood Plastic Composite, MAH, Meranti Merah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan KEHUTANAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua