KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 22 SAMARINDA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 22 Samarinda ditinjau dari hasil belajar matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII C SMP Negeri 22 Samarinda. Objek penelitian adalah kecemasan matematika yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. Analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan matematika yang dialami oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Samarinda dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar terdiri dari 4 tingkat kecemasan, yaitu kategori tidak ada kecemasan sebanyak 8 siswa atau 13% dengan kategori nilai sangat rendah 1 siswa, rendah 2 siswa, dan tinggi 5 siswa. Kategori kecemasan ringan sebanyak 34 siswa atau 55% dengan kategori nilai rendah 11 siswa, sedang 9 siswa, tinggi 12 siswa, dan sangat tinggi 2 siswa. Kategori kecemasan sedang sebanyak 18 siswa atau 29% dengan kategori nilai sangat rendah 1 siswa, rendah 7 siswa, sedang 5 siswa, tinggi 3 siswa, dan sangat tinggi 2 siswa. Kategori kecemasan berat sebanyak 2 siswa atau 3% dengan kategori nilai sangat rendah 1 siswa dan sedang 1 siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 22 SAMARINDA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA |
---|---|
Pengarang | DANU NUGROHO - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DAN k 2022 |
Subyek | Kecemasan Matematika, Hasil Belajar, Bangun Ruang |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY