Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Menengah Pertama
Penelitian ini bertujuan untuk mengathui teori belajar apa saja yang mendukung model pembelajaran Problem based learning (PBL) dan untuk mengetahui bagaimana model PBL pada pembelajaran matematika tingkat sekolah menengah pertama. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan deksriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa teori belajar yang mendukung model PBL adalah teori belajar kognitif dan teori belajar kontruktivisme. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu moderl pembelajaran yang efektif digunakan dalam proses pembelajaran karena model ini mampu melatih siswa dalam meingkatkan pemahaman konsep matematis siswa, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, dan kemampuan pemecahan masalah. selain itu model pembelajaran ini juga membiasakan peserta didik agar dapat belajar secara mandiri dan kelompok (aktif dalam diskusi) sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa, rasa tanggung jawab, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa SMP. Hal ini dikarenakan model PBL menggunakan permasalahan sehari-hari sehingga lebih mudah untukl dipahami oleh siswa, menggunakan metode kelompok, yang cocok dengan karakteristik siswa SMP dan langkah langkah dari model PBL yang cukup mudah untuk diterapkan kepada siswa SMP.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Menengah Pertama |
---|---|
Pengarang | ANITA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ANI m 2022 |
Subyek | Problem Based Learning pembelajaran matematika, Studi Literatur, Teori Belajar, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika dan IPA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY