Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbantuan Media Berbasis Video Explainer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS MAN 1 Samarinda
Salah satu faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah yaitu siswa kurang paham atas materi yang diberikan selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbantuan Media Berbasis Video Explainer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS MAN 1 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dengan subjek penelitian siswa siswi kelas X IPS MAN 1 samarinda yakni pada kelas X-1 sebanyak 34 orang sebagai kelas kontrol dan X-4 sebanyak 34 orang sebagai kelas ekperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan Uji t Independent Samples t-Test. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung > ttabel adalah 3,554 > 1,693 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran cooperative learning berbantuan media berbasis video explainer terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS MAN 1 Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbantuan Media Berbasis Video Explainer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS MAN 1 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Tiara Risqi - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI TIR p 2022 |
Subyek | Model Pembelajaran Cooperative Learning, Video Exp |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu pengetahuan sosial |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY