PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN HASIL KARYA ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA EKSPRESIF DI RA IBADURRAHMAN TENGGARONG SEBERANG
EPPY PUTRI AYUNINGTIYAS, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Rancangan metode bercerita menggunakan hasil karya anak usia 5-6 tahun dalam mengembangkan bahasa ekspresif (2) Penerapan metode bercerita menggunakan hasil karya anak usia 5-6 tahun (3) dan mengetahui perkembangan bahasa eksprsif dalam penerapan metode bercerita menggunakan hasil karya anak. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) observasi lapangan, (2) wawancara mendalam kepada kepala sekolah dan murid (3) metode dokumentasi sebagai penunjang untuk memperoleh data di lapangan. Setelah itu di analisis menggunkan model miles dan huberman (a) reduksi data (b) penyajian data (c) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) guru merancang metode bercerita menggunakan hasil karya anak usia 5-6 tahun dengan mengacu pada kurikulum k13 tentang PAUD (b) penerapan metode bercerita menggunakan hasil karya anak usia 5-6 tahun sangat berperan dalam mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif, karena anak dapat menggunakan kalimat sederhana dalam mengungkapkan ide dan gagasan (c) perkembangan bahasa ekspresif anak dapat berkembangan dengan baik sesuai dengan indikator tahap perkembangan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN HASIL KARYA ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA EKSPRESIF DI RA IBADURRAHMAN TENGGARONG SEBERANG |
---|---|
Pengarang | Eppy Putri Ayuningtiyas - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI EPP p 2021 |
Subyek | Bercerita, Bahasa Ekspresif, Anak Usia Dini |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN ANAK USIA DINI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY